April Mop atau April Fools' Day atau All Fools' Day umumnya dirayakan pada hari pertama bulan April yaitu tanggal 1 April.

Perhatikan dari namanya "April Fools' Day" yang bisa diterjemahkan menjadi hari milik orang-orang bodoh April, atau "All Fools' Day" yang berarti hari milik semua orang bodoh.

April Fools' Day mendapat namanya karena kebiasaan atau budaya untuk memainkan lelucon praktis pada hari tersebut - contohnya, memberitahukan teman bahwa ada orang yang mencarinya untuk bertemu di suatu tempat, padahal tidak ada orang yang mencari dia sehingga dia akan datang ke tempat tersebut tanpa hasil.

Walau pun kebiasaan ini sudah berjalan selama selama ratusan tahun, tapi ada beberapa penjelasan yang berbeda tentang asal muasalnya.

April Fools' Day ini mirip seperti festival Hilaria dari Roma kuno yang dirayakan pada 25 Maret dan juga mirip dengan perayaan Holi dari India yang berakhir tiap 31 Maret.

April Fools' Day modern bukan berasal dari Perancis ketika kalendar Gregorian mulai digunakan di mana terjadi perpindahan tahun baru dari 25 Maret ke 1 Januari yang dilakukan pada tahun 1582.
Mereka yang masih merayakan akhir minggu tahun baru pada tanggal 1 April dikatakan sebagai orang bodoh.

Ada beragam cara dari masing-masing negara dalam merayakan April Fools' Day ini, tapi semuanya mempunyai kesamaan yaitu diperbolehkan untuk membuat seseorang melakukan hal yang bodoh.

Di Perancis, misalnya, orang kena tertipu dinamakan poisson d'avril (ikan April), mungkin diibaratkan seekor ikan yang masih muda sehingga mudah ditangkap; Anak-anak di Perancis juga terkadang menempelkan ikan kertas pada punggung teman mereka dengan sembunyi-sembunyi.

Di Scotland, April Fools' Day disebut sebagai Gowkie Day (berasal dari kata gowk yang berarti orang kikuk atau orang bodoh)
Salah satu lelucon yang pernah populer di sini adalah menempelkan tulisan "tendang saya" pada teman yang tidak menyadarinya.

Pada banyak negara, koran dan media massa lainnya juga berpartisipasi dengan antara lain menampilkan tajuk berita palsu.

Jadi, bersiap-siaplah, anda mungkin jadi korban kejahilan teman anda pada April Fools' Day ini atau anda menjadi salah satu pelakunya.
Yang mana pun posisi anda, sebaiknya jadikan hari ini sebagai hari untuk membuat persahabatan anda lebih erat dengan mengedepankan "sense of humor" anda dengan tertawa bersama dengan korban atau pun teman yang menjahili anda.

{moscomment}