Cetak
Kategori: Bursa Resep
Dilihat: 3943

Jika anda penggemar steak, maka tentu tahu bahwa steak yang enak maka harganya "tidak enak" alias mahal.
Memang ada sejumlah resto menengah yang menyajikan steak dengan harga ekonomis, tapi bau asapnya itu lho yang bikin orang musti ganti baju dan keramas lagi, hal tersebut dikarenakan resto murmer itu biasanya tidak ada AC dan steak dibakar di bagian depan resto (ya, memang itu adalah salah satu strategy dari resto itu untuk menarik orang karena melihat steak dibakar memang menggiurkan) tanpa kipas exhaust yang memadai.

Solusi lain adalah membuat steak sendiri di rumah... wah, gimana caranya?
Sebenarnya, membuat steak sendiri itu mudah saja, bahkan anda tidak perlu peralatan grill seperti yang dimiliki resto2 steak.
Tentunya anda juga tidak bisa berharap agar steak anda bergaris-garis seperti steak di resto, tapi saya pikir bahwa rasa yang akan anda dapatkan hampir sama.

Bahan-bahan:

  1. Daging beku (saya biasa pilih sirloin atau striploin)
  2. Lada
  3. Mentega (bukan margarine), pilih jenis yang diberi garam (salted)
  4. Bumbu gravy untuk steak siap pakai

Alat-alat:

  1. Pan atau kuali datar lapis teflon (non-sticky surface)
  2. Spatula untuk kuali teflon

Cara pengerjaan:

  1. Pastikan lemak di sisi daging cuma tersisa setebal kira2 6mm
  2. Jerang kuali di atas api dan masukkan sedikit mentega (kira2 1/3 sendok teh datar)
  3. Sambil menunggu kuali panas, taburkan lada pada salah satu permukaan daging sampai seluruh permukaan tersebut tertutup lada.
  4. Letakkan daging ke dalam kuali, langsung pada bagian mentega yang sudah mencair tadi, sehingga bagian daging yang sudah diberi lada tersebut terkena mentega cair
  5. Lalu langsung taburkan lada lagi pada bagian atas daging (yang tadi belum kita beri lada) sampai seluruh permukaan daging tersebut tertutup lada
  6. Biarkan demikian sampai permukaan daging mulai menjadi basah (warna lapisan lada mulai menjadi gelap dan berair)
  7. Kalau anda menginginkan steak dalam kondisi medium, maka ini adalah saat anda membalik steak
  8. Kalau anda lebih suka yang medium well done, tunggu 1 menit plus 1 menit untuk tiap 1/2 inchi tebal daging (jika daging 1 inchi, maka anda menunggu selama 3 menit)
  9. Kalau anda lebih suka yang well done, tunggu 2 menit plus 1 menit untuk tiap 1/2 inchi tebal daging (jika daging 1 inchi, maka anda menunggu selama 4 menit)
  10. Setelah anda membalik, maka tunggu sampai permukaan daging mulai basah lagi atau kira2 1 - 1 1/2 menit (untuk medium); Untuk medium welldone dan well done, silahkan lihat pedoman 8 & 9
  11. Angkat dari wajan, taruh di atas piring dan diamkan 5 menit sebelum disantap.

Saran-saran:

  1. Kalau anda memilih sirloin atau striploin, sebaiknya pilih yang lemaknya (bagian putih) membentuk banyak guratan2 pada daging tersebut (seperti pada marmer); Adalah wajar kalau sirloin atau striploin memiliki lapisan lemak yang cukup tebal di salah satu sisinya, tapi sebaiknya jangan pilih yang terlalu tebal (soalnya anda kan bukan pemakan lemak)
  2. Cairkan daging beku di dalam kulkas (di bagian refrigerator, bukan di freezer), dengan demikian rasa dan kualitas daging tetap terjaga
  3. Dalam menggunakan lada, saya cukup berani yaitu saya taburkan sampai kira-kira setebal 1mm rata permukaan daging.
  4. Jika anda tidak memiliki pisau steak, maka anda bisa menggunakan pisau biasa atau gunting dapur untuk memotong-motong steak tersebut sebelum dihidangkan, tapi pastikan bahwa cairan dagingnya tidak terbuang karena itu yang membuat steak terasa enak
  5. Untuk menemani makan steak ini, anda bisa menambahkan dengan jagung pipil beku yang sudah dikukus, kacang polong kukus, dan mashed potato (pure kentang)
  6. Jika anda bisa minum alkohol, anda bisa makan steak ini sambil minum wine, Shiraz (jenis anggur) adalah pilihan yang cocok.
  7. Jangan putus asa kalau pada upaya pertama anda tidak menghasilkan steak yang anda inginkan, anda tidak gagal melainkan anda telah berhasil membuat steak yang mungkin sangat dinikmati oleh orang lain.

Indra

{moscomment}