Silahkan Berbagi:

Semakin menjamurnya para blogger di Indonesia membuat kami gembira sekaligus khawatir.

Gembira karena semakin banyak orang yang rajin menulis - mengingat tingkat kemauan orang Indonesia untuk menulis memang masih rendah, terbukti dengan masih sedikitnya buku asli karangan orang Indonesia (terutama buku yang berisi ilmu pengetahuan)

Khawatir karena kebanyakan para blogger tersebut menggunakan fasilitas blog di luar Indonesia (blogspot.com, multiply.com, dll)
Bukan karena kami anti non-Indonesia, tapi karena pemakaian fasilitas blog luar Indonesia berarti para pembaca blog tersebut akan banyak menggunakan akses international link yang berimbas pada besarnya lalu-lintas data dari Indonesia ke luar negeri.
Apa artinya hal tersebut? Artinya Indonesia akan membayar lebih mahal untuk akses tersebut karena ibarat jalan tol, semakin banyak yang lalu lalang, maka otomatis uang tol yang dibayarkan akan semakin besar.
Mungkin akan ada yang berkata: "Saya enggak bayar tambahan tuh sewaktu banyak akses web site luar negeri, kenapa pusing?"
Iya, memang tidak terasa karena yang menanggung beban biaya tersebut adalah penyedia layanan internet (ISP: Internet Service Provider), tapi ujung-ujungnya biaya tersebut akan dibebani kepada para pemakai jasa ISP tersebut berupa harga iuran yang tinggi.
Terbukti bahwa biaya koneksi internet di Indonesia memang termasuk mahal.
Dengan Telkom Speedy, kita harus membayar 750rb untuk koneksi 1Mbps unlimited; Dengan Fastnet, kita harus membayar 295rb untuk koneksi 768kbps unlimited (dengan syarat bahwa digunakan untuk satu komputer saja), itu pun Fastnet sejauh ini cuma tersedia di sebagian dari Jakarta.
Bandingkan dengan di Malaysia yang dengan sekitar 215rb bisa mendapat koneksi 1Mbps unlimited tanpa syarat (silahkan sharing dengan banyak komputer)

Saya sudah mencoba mencari-cari penyedia blog gratis yang hostingnya di Indonesia, dan sejauh ini, cuma mendapat DagDigDug, Blog Detik dan Plasa.
Ada blog yang nama dan penampilannya seperti penyedia jasa blog untuk Indonesia, tapi sebenarnya cuma menampilkan daftar blog yang berbahasa Indonesia. Kalau ada yang mau membuat blog, mereka akan menyarankan untuk mendaftar di blogger.com dan wordpress.com

Sebenarnya kami berniat untuk menyediakan fasilitas blog gratis di Bursa Internet, tapi kami khawatir bahwa waktu dan tenaga yang kami sediakan untuk menyiapkan fasilitas blog gratis tersebut tidak sebanding dengan jumlah orang yang berminat menggunakan jasa tersebut, sehingga terasa kami membuang waktu dan tenaga sia-sia.
Oleh karena itu, kami menyarankan para blogger Indonesia agar mulai mempertimbangkan untuk memindahkan blog anda ke DagDigDug atau Blog Detik atau Plasa atau penyedia jasa blog yang jelas-jelas hostingnya di Indonesia (kalau bingung, silahkan kirim pertanyaan anda di forum Masalah IT, nanti kami bisa membantu untuk memeriksanya)
Atau ada rekan yang punya pendapat lain? Silahkan kirimkan pendapat anda di forum Masalah IT, ditunggu lho.

RIS