Cetak
Kategori: Comtronic Corner
Dilihat: 6954

Yahoo Messenger atau YM adalah fasilitas Yahoo yang amat populer karena memungkinkan orang untuk berkomunikasi 2 arah secara real time alias langsung, seolah-olah saling berkirim SMS.
Komunikasi tersebut dalam dunia internet disebut Online Chat. Berikut adalah terjemahan dari definisi di Wikipedia tersebut:

Online chat bisa diartikan sebagai komunikasi apa pun lewat internet, tapi umumnya dimaksudkan sebagai pembicaraan lewat tulisan langsung 1 lawan 1 atau grup (secara formal juga disebut sebagai synchronous conferencing), menggunakan alat/software seperti instant messengers, Internet Relay Chat (IRC), talkers, dan juga MUDs.

Jika anda menggunakan komputer anda sendiri, maka menggunakan fasilitas YM ini cukup mudah yaitu anda bisa men-download-nya dari website Yahoo secara gratis, silahkan ambil di http://messenger.yahoo.com, lalu install software Yahoo Messenger tersebut; Pastikan bahwa komputer anda tetap terhubung ke internet karena software yang anda download dari website tersebut sebenarnya cuma installer saja, jadi software tersebut cuma bertindak sebagai perantara untuk mendownload software Yahoo Messenger yang sesungguhnya.

Setelah anda selesai meng-install software YM tersebut, anda bisa login ke YM tersebut menggunakan Yahoo ID anda. Untuk keterangan membuat Yahoo ID, silahkan cari informasinya di artikel Mengatur keanggotaan di YahooGroups

Yang menjadi masalah adalah kalau anda menggunakan komputer kantor, di mana perusahaan tertentu tidak memperbolehkan karyawannya untuk meng-install software di luar yang ditentukan oleh perusahaan.
Jika perusahaan tempat anda bekerja menerapkan ketentuan tersebut (tidak memperbolehkan untuk install software lain di komputer kantor), jangan langsung protes ke manajemen, bisa-bisa anda dimasukkan ke daftar karyawan yang akan di-PHK ; Karena komputer tersebut adalah milik perusahaan, maka sah saja kalau perusahaan melarang karyawan untuk install sembarang software.

Tapi jangan khawatir, anda tetap bisa ber-YM ria asalkan perusahaan tempat anda bekerja tersebut masih memperbolehkan anda untuk browsing internet alias melihat-lihat website.

Nah, untuk kepentingan ini, anda harus memiliki sebuah email Yahoo — entah itu yahoo.com, yahoo.co.id, rocketmail.com, atau ymail.com; Pokoknya salah satu dari layanan email yang disediakan Yahoo.
Setelah anda memiliki email tersebut, maka login menggunakan email tersebut di http://mail.yahoo.co.id. Lalu lihat bagian kiri atas, apakah seperti ini:

Kalau ada bagian kiri atas layar Yahoo Mail anda tertulis "Classic" seperti contoh gambar di atas, maka berarti anda masih mengakses Yahoo Mail classic. Silahkan klik pada tulisan "All-New Mail" pada bagian kanan atas layar Yahoo Mail anda. Maka akan terpampang:

Nah, pada saat ini anda sudah siap untuk ber-YM dengan rekan anda. Untuk memulai chat, silahkan tekan tombol "c" pada keyboard anda, maka sebuah jendela chat akan terbuka untuk anda dan anda bisa mulai melakukan online chat dengan teman anda.

Satu saran dari saya yang mudah-mudahan bisa anda patuhi selalu: Jangan melakukan online chat pada saat jam kerja. Lakukan online chat hanya pada saat jam istirahat kantor anda.

Jika masih bingung, layangkan pertanyaan anda di Masalah IT, saya akan menjawabnya secepatnya.
Pertanyaan yang dituliskan pada kolom komentar di bawah artikel ini, mohon maaf, tidak akan saya jawab.

Indra S.

{moscomment}