Cetak
Kategori: Kesehatan
Dilihat: 5469

Jeruk mandarin, siapa yang tak suka? Selain enak dan segar, jeruk ini juga berkhasiat. Riset oleh para ilmuwan Jepang menunjukkan, jeruk mandarin mungkin bisa menurunkan risiko kanker hati, pengerasan pembuluh darah, dan resistensi insulin.

Studi pertama dilakukan oleh para ilmuwan dari National Institute of Fruit Tree Science. Mereka meneliti 1.073 warga kota Mikkabi di Shizuoka, Jepang, yang sejak lama memang biasa mengonsumsi jeruk mandarin. Ternyata, kandungan kimiawi dalam sampel darah mereka menunjukkan bahwa mereka berisiko lebih kecil untuk mengalami masalah-masalah kesehatan serius itu (kanker hati, pengerasan pembuluh darah, dan resistensi insulin).

Sementara riset kedua dilakukan para ahli dari Kyoto Prefectural University of Medicine. Mereka meneliti 30 penderita hepatitis, yang kemudian diminta mengonsumsi minuman yang mengandung karotenoid dan jus jeruk mandarin. Setelah setahun mengonsumsi minuman itu, tak ditemukan adanya sel kanker hati pada 30 penderita itu. Sementara pada 45 penderita hepatitis yang tidak mengonsumsi minuman itu, sebanyak 8,9 persen di antaranya belakangan mengidap sel kanker hati.

Jeruk mandarin memang memiliki kandungan karotenoid yang tinggi. Senyawa vitamin A inilah yang memberi warna oranye pada jeruk mandarin. Ed Yong, seorang ahli dari Lembaga Riset Kanker Inggris menyambut baik temuan ini. Tapi menurutnya, perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan melibatkan jumlah sampel yang lebih besar. ''Dengan sampel hanya 75 orang, studi ini masih sangat kecil untuk meyakinkan kita mengenai keterkaitan antara jeruk mandarin dengan penurunan risiko kanker hati,'' katanya.

Sumber: republika.co.id

{moscomment}