Cetak
Kategori: Kesehatan
Dilihat: 7861

BMI atau Body Mass Index adalah penghitungan statistik berat seseorang yang diskalakan menurut tinggi orang tersebut. Methoda ini ditemukan antara tahun 1830 dan 1850 oleh seorang Belgia yang bernama Adolphe Quetelet. Pada perkembangannya, BMI "disalah-gunakan" oleh sejumlah kalangan termasuk dokter untuk mengklasifikasikan ketidak-aktifan individu secara fisik dengan komposisi tubuh rata-rata.

Rumus BMI = Berat / Tinggi2
Berat dalam kg dan tinggi dalam m
Anda bisa mencoba menggunakan kalkulator BMI yang ada di Bursa Internet ini.

BMI antara 18.5 s/d 25 dikategorikan sebagai kondisi tubuh yang optimum; BMI di bawah 18.5 dikategorikan sebagai "underweight" atau kekurangan berat badan; Sementara BMI di atas 25 dikategorikan sebagai "over weight" atau kelebihan berat badan.
BMI di bawah 15 menunjukkan orang tersebut memiliki masalah dengan pola makannya, sedangkan BMI di atas 30 berarti orang tersebut menderita obesitas. Bila seseorang memiliki BMI di atas 40, maka orang tersebut disebut mengalami "morbid obesity"

BMI mempunyai sejumlah kelemahan, sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan BMI sebagai satu-satunya parameter kebugaran tubuh. BMI tidak memperhitungkan ukuran tubuh dan jumlah/ukuran otot seseorang. BMI juga tidak memperhitungkan variasi proposi otot, lemak, tulang, urat dan berat air.

Masalah BMI pada atlit adalah otot mereka lebih padat daripada lemak. Kebanyakan atlit profesional mempunyai BMI yang overweight atau bahkan obesitas jika dihitung menurut batasan biasa (18.5-25). Pada anak-anak dan orang tua, perbedaan pada densitas (kepadatan) tulang dan juga perbandingan tulang terhadap berat total dapat menyebabkan kalkulasi BMI mereka terlihat "underweight" atau kekurangan berat badan.
Untuk kasus-kasus tersebut, diperlukan standar yang berbeda yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing kelompok orang tersebut.

Walaupun dengan sejumlah kekurangan tersebut, WHO tetap menggunakan BMI sebagai alat untuk mengukur statistik obesitas pada suatu populasi sejak tahun 1980.

{moscomment}