Cetak
Kategori: Tip Praktis
Dilihat: 4403

Anda melihat bahwa bisnis anda bergerak dengan lambat. Dari hari kehari bisnis semakin terasa berat. Saat ini anda sangat menginginkan lepas dari beban bisnis anda, dan melakukan hal lainnya...entah apa hal lain itu, yang pasti selain berkutat dengan bisnis yang menjengkelkan anda.

Namun setiap kali anda ingin berhenti selalu saja ada hal yang menahan anda. Perasaan sayang meninggalkan bisnis yang telah anda geluti bertahun-tahun, atau sedikit keyakinan bahwa esok hari akan terjadi perubahan, atau anda tidak tega memecat tim anda yang selama ini telah mendukung anda. Apapun alasannya, selalu ada yang menahan anda untuk pergi.

Bila saat ini anda masih bertahan dalam bisnis anda, maka saya ucapkan SELAMAT...karena anda telah mengambil keputusan yang tepat. Bagi saya, bila bisnis dapat bertahan lebih dari 2 tahun, dan tetap dapat melakukan penjualan walaupun terseok-seok, maka bisnis itu layak untuk dipertahankan. Karena kemungkinan besar masalahnya bukan pada produknya semata, namun lebih karena ketidakmampuan tim manajemen menemukan jalan untuk berkembang.
”ENAK SAJA!!!” mungkin itu yang ada dalam pikiran anda. Mungkin anda berpikir bahwa ini adalah salah pesaing anda yang bermain curang, atau karena pasar anda tidak dapat memahami kualitas produk anda, atau karena kondisi ekonomi yang lesu, atau karena tim anda yang tidak becus bekerja, atau...

Lalu dengan semua alasan itu anda akan mulai memperbaiki bisnis anda dari mana?

Saya yakin anda akan sangat kesulitan untuk menjawab tantangan ini. Satu hal yang perlu anda camkan adalah – Masalah muncul karena ANDA tidak memiliki tingkat pemahaman yang cukup untuk menyelesaikannya - . Oleh karena itu, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah...mulailah berkomitmen dari saat ini untuk mau belajar terus dan terus, agar dapat membawa bisnis anda keluar dari tantangan ini.

Setelah itu apa? Apakah masalah penjualan terlebih dahulu, masalah pemasaran, atau sistem internal, atau masalah karyawan yang harus saya selesaikan lebih dahulu?

Langkah kedua yang harus anda lakukan untuk dapat survive dari tantangan ini adalah dengan memfokuskan 80% dari waktu yang anda curahkan untuk bisnis anda, dengan mencari cara meningkatkan profit anda.

Mengapa profit? Mengapa bukan memperbaiki sistem terlebih dahulu, atau mengelola karyawan terlebih dahulu?
Karena dengan profit yang meningkat, anda dapat melakukan hal lainnya dengan lebih mudah. Tetapi jangan lupa, bahwa anda masih harus memanfaatkan 20% dari waktu anda untuk mengelola sisi lain dari bisnis anda. Anda harus memperbaiki sistem yang menyokong bisnis anda, anda harus melatih karyawan, anda harus mengelola suplier, anda harus mengelola aset anda, dan hal-hal lainnya.

Manfaatkan 80% waktu anda untuk menilai ulang seluruh proses bisnis anda hingga menghasilkan penjualan. Lakukan efisiensi, tutup semua lubang-lubang bocor yang mengakibatkan pendapatan anda terkuras habis dan hanya menyisakan sedikit profit bagi anda. Kemudian tingkatkan penjualan, dan pertimbangkan juga untuk menaikkan harga produk anda. Perbaiki semua kualitas yang terkait langsung dengan penjualan.

Dan terakhir, lakukan pelatihan untuk karyawan dan diri anda sendiri, sehingga tiap-tiap anggota tim memiliki keahlian yang banyak. Lalu singkirkan anggota yang tidak memberi manfaat bagi bisnis anda bila dianggap perlu.

Kerja-kerja diatas akan sangat menyita waktu dan energi anda tentunya. Tetapi bila anda dapat melakukannya, anda akan sangat terkejut dengan hasil yang akan anda dapatkan diakhir bulan nanti.

visit: http://www.TuguConsulting.com

{moscomment}