Cetak
Kategori: Tip Praktis
Dilihat: 6266

Anda sedang asyik bekerja di rumah, lalu tiba-tiba anda ingin minum kopi.

Melihat ke dapur, anda mendapati bahwa air panas di termos sudah habis sedangkan dispenser anda sedang rusak bagian air panasnya.
Kemudian terlihat microwave, anda berpikir untuk memanaskan air di microwave.

Kelihatannya memang solusi yang jitu dan instan jika dibandingkan harus memasak air di kompor.
Tapi, sebelum anda mulai menggunakan microwave untuk memanaskan air, coba lihat dulu video Do not boil water into microwave oven! dan Superheating of water (Mythbusters)

Video pertama menunjukkan bahwa air yang sudah dipanaskan dalam microwave, akan meluap ketika dimasukkan sesuatu (kopi, teh, gula, dll)
Video kedua menjelaskan dengan lebih rinci tentang proses terjadinya luapan air tersebut, yaitu dikarenakan air tersebut mencapai titik didih tapi tidak mendidih.
Air keran bisa mendidih ketika dipanaskan dalam microwave sedangkan air destilasi tidak mendidih sehingga berbahaya ketika akan langsung digunakan.

Mungkin anda akan berkata: Wah, saya kan bukan laboratorium, mana saya punya air destilasi, jadi aman dong.
Masalahnya, semakin banyak orang mengkonsumsi air RO (reverse osmosis) yang boleh dibilang menyerupai air destilasi yaitu air yang tanpa mineral apa pun (untuk ini, ada sejumlah dokter yang berpendapat bahwa air RO tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan mineral yang biasa kita dapatkan dari air minum, tapi artikel ini tidak dibuat untuk membahas hal tersebut)

Nah, bagaimana cara yang aman untuk memanaskan air di dalam microwave?

Gunakan tusuk sate!

Ya, anda tidak salah baca, gunakan tusuk sate atau sendok kayu, pokoknya sebuah benda yang mempunyai banyak pori dan cukup bersih untuk dimasukkan dalam air yang akan anda minum.
Celupkan tusuk sate tersebut dalam gelas yang berisi air sebelum memasukkannya (gelas, air dan tusuk sate) dalam microwave.
Hidupkan microwave untuk waktu 1½ menit s/d 2½ menit, tergantung dari banyaknya air; Saya biasa menggunakan 1 menit 50 detik pada setelan maksimum untuk mendidihkan 150ml air.
Kalau anda perhatikan, maka pada suatu titik tertentu, mulai timbul gelembung air dari tusuk sate tersebut seolah-olah tusuk satenya yang menjadi sumber panas, padahal yang terjadi adalah seluruh air menjadi panas dan air yang bersentuhan dengan tusuk sate tersebut yang punya kesempatan untuk menjadi gelembung uap.
Ingat, anda harus hati-hati mengeluarkan gelas tersebut karena gelas tersebut menjadi panas karena air di dalamnya adalah air yang sudah mendidih.

{moscomment}